15 Tempat Wisata Terkenal dan Keren di Papua

Sumber: @erwan618

Wisata Terkenal di Papua – Papua adalah provinsi terbesar di Indonesia dengan luas kurang lebih 316.553,07km2 . Pulau yang berada di bagian timur Indonesia ini mempunyai keindahan alam yang menakjubkan. Papua memiliki kepopulerannya sebagai surga wisata bagi wisatawan mancanegara. Sebut saja Raja Ampat dengan keindahannya yang sudah diakui dunia.

Banyak sekali destinasi wisata yang bisa pengunjung jelajahi disini mulai dari puluhan danau, gunung, lembah, air terjun, sampai pemandangan yang memanjakan mata. Hamparan pulau-pulau kecil dengan pantainya yang memesona bisa kamu temui disini. Liburan ke Papua tentunya akan menjadi sebuah pengalaman yang menarik untuk kamu eksplor.

Penasaran tentang tempat-tempat keren di Papua? Simak ulasan ini hingga tuntas tentang tempat terkenal dan keren di Papua versi JalanTravel. Semua destinasi wisata yang sudah kami rangkumkan di list ini sangat direkomendasikan untuk kamu kunjungi.

1. Danau Sentani

Danau Sentani merupakan danau terluas di Papua. Lokasinya berada di bawah lereng pegunungan Cagar Alam Cyclops dengan luas sekitar 9.360 hektare. Keunikan dari Danau Sentani yaitu terdapat sekitar 22 pulau kecil yang tersebar di seluruh danau. Daya tarik utama dari danau ini adalah kecantikan alamnya yang gak kalah jika dibandingkan Raja Ampat yang tersohor itu.

Pesona danau sendiri tercipta ketika mata memandang hamparan luas danau indah yang meneduhkan ini. Aktivitas lain yang bisa kamu lakukan di sini seperti memancing, berenang dan berkeliling danau menggunakan perahu. Kamu juga bisa melakukan snorkeling untuk melihat keragaman jenis ikan. Dijamin berwisata kesini akan sangat seru.

2. Pulau Rumberpon

Sumber: @oscar_bram

Pulau Rumberpon berada di Provinsi Papua Barat dan dinilai memiliki keunggulan di sektor wisata sehingga layak dikembangkan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata. Kawasan KEK Pariwisata adalah zona pariwisata yang diperuntukkan bagi kegiatan usaha untuk mendukung penyelenggaraan hiburan dan rekreasi.

Pulau Rumberpon mempunyai wisata yang beragam mulai dari wisata alam terutama pantai dan pesisir, wisata budaya hingga wisata minat khusus. Kamu juga bisa menjumpai satwa langka antara lain burung rusa (cervus timorensis), kuskus, elang laut dan juga dugong atau duyung. Berlibur ke sini bakal membuat liburanmu tak terlupakan.

3. Lembah Baliem

Sumber: @fresscoffee

Lembah Baliem merupakan lembah yang berada di pegunungan Jayawijaya dan berada di ketinggian 1600 mdpl. Memiliki suhu sangat dingin dengan pemandangan yang indah dan masih sangat alami. Kawasan ini menyuguhkan panorama alam, wisata pegunungan, trekking, wisata budaya hingga wisata petualangan ditemani Suku Dani yang sangat ramah.

Suku Dani menjadi penduduk asli Lembah Baliem sangat terbuka terhadap wisatawan yang datang. Kawasan lembah ini juga memiliki festival tahunan yakni Festival Lembah Baliem yang biasa diselenggarakan pada bulan agustus setiap tahunnya. Wisatawan juga wajib menghormati adat istiadat Suku Dani demi kenyamanan perjalanan travellingnya.

4. Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Sumber: @explorified

Taman Nasional Teluk Cendrawasih merupakan Taman Nasional Laut terbesar di Indonesia. Taman Nasional ini memiliki keindahan dan pesona yang sangat menakjubkan. Panorama terumbu karang yang eksotis, beragam spesies ikan-ikan kecil bersatu membentuk sebuah pemandangan yang tidak boleh dilewatkan.

Taman Nasional ini juga menyimpan kurang lebih 196 jenis moluska dan 209 jenis ikan yang bisa kamu nikmati dengan cara snorkeling. Kamu juga bisa berenang sembari ditemani kura-kura dan lumba-lumba berloncatan yang tentunya sangat menyenangkan. Bila beruntung kamu juga bisa melihat hiu paus yang hanya bisa dijumpai di waktu tertentu saja.

5. Raja Ampat

Sumber: @explorified

Bagi kamu penggemar aktivitas snorkeling, Raja Ampat adalah surganya penikmat keindahan bawah laut. Kecantikan alam bawah lautnya luar biasa bahkan seluruh dunia mengakui hal itu. Bukan hanya pesona bawah lautnya saja, Raja Ampat juga terkenal dengan Wayag yaitu kumpulan bukit dan gunung karst yang berada di tengah laut.

Kamu juga akan menemui laguna berbentuk bintang tepatnya di Pulau Pianemo. Pemandangan dari bukit karangnya sudah menggambarkan betapa indahnya tempat ini. Keramahan dan ketulusan warga setempat akan membuat liburanmu lebih menyenangkan. Mengunjungi Raja Ampat merupakan liburan idaman setiap orang.

12 Tempat Wisata di Kulon Progo Terbaik dan Wajib Didatangi

6. Air Terjun Bihewa

Di kenal dengan nama lain Curug Bihewa adalah salah satu wisata air terjun yang terletak di Kabupaten Nabire, Papua. Tempatnya sangat terpencil dengan ketinggian curug mencapai 40 meter. Karena lokasinya yang tersembunyi, perjalanan ke curug ini terbilang cukup berat dan sulit. Namun jangan khawatir, di sepanjang perjalanan kamu akan menikmati pemandangan hutan yang begitu indah dan asri.

Air Terjun Bihewa mempunyai keunikan tersendiri yaitu airnya yang bertingkat atau sering disebut ait terjun 7 tingkat. Dan tingkat yang paling mudah dan banyak dikunjungi wisatawan adalah tingkat kedua. Suara gemuruh air yang menenangkan ditambah udara sejuk akan membuat badan segar seketika. Dijamin kamu bakal betah berlama-lama berada di kawasan curug ini.

7. Taman Nasional Lorentz

Taman Nasional Lorentz adalah taman nasional terbesar di Asia Tenggara dengan luas wilayah mencapai 2,4 juta hektare. Taman Nasional ini menyimpan keindahan luar biasa di Papua, dan belum banyak dijelajahi para traveler. Pada tahun 1999, UNESCO menetapkan Wisata Taman Nasional Lorentz sebagai salah satu dari situs warisan dunia.

Kecantikan wisata taman ini sangat bervariasi, hal ini terbukti dengan adanya 34 vegetasi. Mulai dari area padang rumput, perbukitan dan tebing, hutan hujan, danau, pantai pasir karang dan masih banyak lagi. Area Taman Nasional Lorentz juga ditinggali oleh berbagai suku diantaranya Suku Dani, Suku Lani, Suku Yani, dan Suku Asmat.

8. Pantai Samber

Sumber: @sayfbsy

Pantai Samber memiliki pemandangan yang sangat menakjubkan dengan deretan pepohonan hijau di atas bukit. Bentang lautan dengan air jernih membuat kamu ingin berenang atau sekedar bermain di bibir pantai. Diving dan snorkeling juga menjadi hal yang wajib kamu lakukan di sini.

Pantai Yendidori, sebutan lain untuk wisata ini berada di Pulau Biak tepatnya di Distrik Yendidori Biak Barat, berjarak kurang lebih 1 jam perjalanan. Kawasan ini juga terus berbenah memperbaiki sektor wisatanya. Berkunjung ke Pantai Samber kamu akan merasakan sensasi berbeda lain dari pada yang lain.

9. Puncak Jayawijaya

Sumber: @like_papua

Puncak Jaya atau Piramida Carstensz ialah deretan pegunungan yang terbentang memanjang di tengah Provinsi Papua Timur hingga Papua Newguinea. Mempunyai ketinggian 4.884 mdpl, kawasan ini termasuk salah satu dari tujuh puncak tertinggi di dunia (seven summit). Kawasan ini juga satu-satunya puncak gunung di Indonesia yang memiliki keunikan yaitu terdapat salju di puncaknya.

Keindahan Puncak Jayawijaya yang sangat fenomenal menjadi incaran para pendaki gunung di berbagai belahan dunia. Berada di puncaknya merupakan impian para pendaki gunung. Sebelum memulai petualangan sebaiknya menyiapkan fisik dalam kondisi prima. Karena kondisi alamnya yang begitu terjal, suhu sangat dingin, angin yang kencang bisa mengancam keselamatan jiwa.

10. Taman Nasional Wasur

Sumber: @wasur_national_park

Taman Nasional Wasur adalah taman yang memiliki kekayaan alam di Timur Papua. Kawasan ini juga di kenal mempunyai hutan sabana basah paling luas di Indonesia, bahkan di seluruh Asia. Sehingga kondisi alam ini menjadikannya sangat kaya akan jenis flora dan fauna. Bisa dibilang 70% dari kawasan ini terdiri dari sabana, dan selebihnya merupakan vegetasi lain berupa rawa-rawa, padang rumput, dan hutan bambu.

Dengan luas wilayah sekitar 413.810 hektare juga menjadi persinggahan berbagai jenis fauna migran. Tak heran dengan keberagaman yang dimilikinya berbagai kegiatan dapat di lakukan di wilayah ini. Hal yang bisa dilakukan seperti wisata, penelitian, hingga menjelajahi lebih jauh kehidupan satwa dan penduduk setempat.

11. Teluk Triton

Teluk Triton adalah surga bawah laut tersembunyi di Papua Barat. Terletak di Kabupaten Kaimana, menawarkan pemandangan alam bawah laut yang memesona. Wisata bahari ini mampu memanjakanmu dalam masa liburan yang indah. Ditambah pesona tebing warna-warni yang ditawarkannya membuat kamu enggan beranjak dari tempat ini.

Kawasan Teluk Triton menyimpan 959 jenis ikan karang dan 471 jenis karang di mana 16 dari mereka adalah spesies baru. Banyaknya ikan dan biota laut menjadikan tempat ini sangat cocok untuk arena pemancingan. Kamu juga bisa menjumpai Paus Bryde’s yang hidupnya sangat harmonis dengan masyarakat Teluk Triton.

12. Pantai Dok ll

Sumber: @rezaayomi

Pantai Dok ll berlokasi di pusat Kota Jayapura dan persis di depan Kantor Gubernur Provinsi Papua. Selain dapat melihat pemandangan Kota Jayapura, ombak di pantai ini terbilang kecil sehingga aman digunakan untuk berenang atau hanya sekedar bermain air di tepi pantai. Udaranya juga sangat bersih karena terbebas dari polusi.

Pantai ini lebih terkenal dengan sebutan “Kupang” yang berarti kursi panjang yang sering digunakan pengunjung untuk bersantai dan beristirahat. Dari sini kamu juga dapat melihat sebuah gunungan dengan tulisan “JAYAPURA CITY” di puncaknya. Apabila malam hari pemandangan akan semakin indah karena lampu-lampu kapal yang menerangi lautan dapat membuat kesan yang romantis.

13. Puncak Trikora

Selain Puncak Jaya, Papua memiliki satu lagi puncak gunung tinggi di Indonesia yaitu Puncak Trikora. Osua Trikora sebutan lain untuk puncak ini merupakan gunung tertinggi ketiga di Indonesia. Dengan ketinggiannya mencapai 4,751 mdpl, puncak ini menawarkan keindahan alam yang spektakuler. Kawasan ini masuk dalam zona inti Taman Nasional Lorentz, Papua.

Perjalanan menaklukkan Puncak Trikora sangat sulit. Hal itu dikarenakan harus menaiki dan menuruni punggung bukit yang terpisahkan padang basah. Suhunya juga sangat dingin bisa mencapai 4 derajat celsius. Namun semua lelah itu lenyap ditelan indahnya lanskap alam yang menakjubkan di atas puncak.

14. Danau Paniai

Sumber: @like_papua

Danau Paniai menyimpan panorama alam yang rancak, alami, dan terawat dengan baik. Di apit bukit-bukit menoreh dan warna danau kebiruan memancarkan keindahan sangat luar biasa. Udara sejuk sangat terasa di kawasan danau karena berada diketinggian 1.700 mdpl.

Berbagai jenis ikan tawar mudah ditemukan di danau yang mempunyai luas sekitar 14.500 hektare. Dan ada beberapa suku yang tinggal di pinggir danau yakni Suku Mee dan Suku Moni dengan keragaman budayanya membuat orang tertarik datang ke sana.

15. Pulau Venu

Pulau Venu ialah pulau yang terletak di Kabupaten Kaimana sekaligus menjadi destinasi wisata di kabupaten tersebut. Hampir seluruh kawasan pulau di tumbuhi lebatnya pepohonan Kasuari. Dan di tengah pulau terdapat danau air asin dengan kedalaman mencapai 1,5 meter. Disisi luar pulau terdapat perairan dangkal dengan barisan terumbu karang yang indah.

Pulau Venu merupakan kampung halaman penyu, karena tempat ini adalah tempat singgah dan bertelurnya ratusan hingga ribuan ekor penyu. Dan menurut Conservation International, Pulau Venu ialah kawasan terbaik untuk bertelurnya penyu di Asia Tenggara. Berlibur ke Pulau Venu bakal membuat liburanmu lebih berwarna.

Demikian ulasan kami tentang beberapa tempat wisata terkenal dan keren di Papua. Daftar wisata yang telah kami sebutkan di list ini memiliki keunikan dan keindahannya masing-masing. Jadi pastikan kamu mengunjungi semua tempat wisata di atas. Semoga artikel ini bermanfaat.

10 Tempat Wisata Indah dan Terkenal di Medan 2020

10 Tempat Wisata Populer di Surabaya 2020

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *