15 Tempat Wisata Alam di Kebumen Terbaru dan Wajib Dikunjungi

Sumber: @jatengeksis

Tempat Wisata Alam di Kebumen – Kebumen menjadi salah satu destinasi favorit di Jawa Tengah dengan objek wisata yang cukup beragam, terutama destinasi wisata pantai yang tersebar di beberapa wilayah. Bisa dikatakan tempat wisata di Kebumen lebih didominasi oleh objek wisata pantai. Meski demikian, bukan berarti Kebumen minim potensi wisata lainnya.

Kabupaten yang berada di Jawa Tengah ini memiliki sejuta pesona dan panorama alam yang menakjubkan dan masih banyak yang tersembunyi, sehingga masih banyak orang yang belum mengetahui akan keindahan dan tempat keren yang ada di Kebumen tersebut.

Kebumen memiliki berbagai jenis wisata yang wajib kamu kunjungi jika sedang berlibur atau sedang berada di Kebumen. Sebenarnya masih ada banyak lagi spot wisata di kabupaten ini, tapi kami telah memilih 15 tempat wisata di Kebumen terbaru dan wajib dikunjungi versi JalanTravel.

1. Bukit Langit Kebumen
Sumber: @jatengeksis

Seperti namanya, Bukit Langit menyajikan pemandangan bukit dan lanskap langit yang indah. Banyak wisatawan domestik maupun wisatawan asing yang mengunjungi objek wisata satu ini. Bukit langit memiliki 3 puncak yang dapat dijadikan sebagai spot foto terbaik. Di sini juga tersedia gazebo seperti sayap malaikat dan rumah pohon yang biasa dijadikan tempat untuk selfie dan berfoto ria.

Pemandangan yang paling dicari oleh pengunjung adalah lautan berupa kabut awan berwarna putih. Waktu terbaik untuk datang yaitu menjelang sunset atau menjelang sunrise. Anda akan takjub dengan pesona bak negeri di atas awan bukit langit Kebumen. Harga tiket masuknya Rp 3000 dan Rp 2000 untuk biaya parkir.

2. Curug Silancur

Curug Silancur atau Air Terjun Silancur memiliki keindahan alam yang masih sangat alami. Kawasan yang berada di perbukitan ini berhawa sejuk, nyaman, dan sangat asri cocok untuk destinasi petualanganmu. Tidak seperti curug pada umumnya, air di curug ini terlihat seperti garis putih melintang yang airnya jatuh menghantam batu besar menghasilkan percikan air yang segar. Jika anda ingin berkunjung ke Curug Silancur curug ini terletak di Desa Wadasmalang, Kecamatan Karangsambung, Kabupaten Kebumen. Harga tiket masuknya cuma sebesar Rp 5000 saja.

3. Goa Jatijajar

Goa Jatijajar merupakan salah satu objek wisata terkenal di Kebumen yang banyak di kunjungi wisatawan pada akhir pekan. Memiliki panjang 250 meter dan bagian dalam goa di penuhi stalagtit dan stalagmit yang eksotis menjadi salah satu daya tarik tersendiri dari Goa Jatijajar.

Tempat ini dikembangkan secara profesional, itulah sebabnya di dalam goa ditata rupa dan memiliki citra seni yang tinggi lewat lampu-lampu penerangan serta patung-patung legenda seperti Lutung Kasarung. Untuk tiket masuknya anda cuma harus membayar Rp 7500 untuk orang dewasa dan Rp 4500 untuk anak-anak.

4. Puncak Gunung Duwur

Pesona yang ditawarkan Puncak Gunung Duwur sangat indah dan sangat menarik untuk dikunjungi. Berlokasi di Desa Watukelir Kecamatan Ayah memiliki puncak tunggal dengan tinggi sekitar 452 mdpl. Dengan puncak yang cukup tinggi ini anda biasa melihat garis pantai selatan Kebumen dari Pantai Suwuk hingga batas cakrawala. Bukit ini juga bersanding dengan Bukit Arjuna yang memiliki tinggi sekitar 439 mdpl di sebelah barat daya Bukit Duwur.

Jika cuaca sedang bersahabat maka Gunung Slamet diarah barat laut akan terlihat. Dari atas puncak bisa disaksikan panorama keindahan Samudra Hindia yang terhampar luas di bagian selatan. Gunung Duwur terletak kurang lebih sekitar 1,5 jam perjalanan dari Kota Kebumen atau juga bisa di tempuh dari Kota Gombong menuju arah selatan. Semenjak artikel ini ditulis untuk harga tiketnya masih gratis.

5. Pantai Suwuk Kebumen
Sumber: @novakarima_

Pantai Suwuk merupakan sebuah pantai yang terletak di Dusun Suwuk, Desa Tambakmulyo, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Pantai Suwuk menawarkan pemandangan yang sangat indah dan udara yang sangat sejuk, dan berbagai wahana permainan hingga fasilitas umum lainnya seperti masjid maupun toilet umum.

Pantai ini menjadi destinasi favorit wisata keluarga, di bibir pantai menjadi salah satu tempat bermain kesukaan anak-anak yang berkunjung. Selain itu, berfoto dengan background Pantai Suwuk juga menjadi salah satu incaran para wisatawan.

12 Tempat Wisata di Banda Aceh Paling Hits yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

6. Curug Sudimoro
Sumber: @rizqi073

Selain Curug Silancur, Kebumen juga terkenal dengan salah satu curug lainnya yaitu Curug Sudimoro. Curug Sudimoro menawarkan air terjun 3 trap yang indah dan memanjakan mata. Dengan ketinggian curug mencapai 35 meter kamu bisa berswafoto hingga bermain air disana. Aliran air yang sangat deras, rimbunnya hutan pinus yang masih terjaga dan kicauan burung membuat kamu ingin berlama-lama berada di kawasan Curug Sudimoro.

Untuk menuju lokasi curug memang cukup menguras tenaga, tapi perjuangan kamu akan terbayar lunas ketika sampai di curug. Harga masuk ke Curug Sudimoro sangat terjangkau yaitu Rp 3000 untuk anak-anak dan Rp 5000 untuk orang dewasa.

7. Gading Splash Water Kebumen

Gading Splash water adalah salah satu wisata kolam renang yang berada di Jalan Raya Soka, Desa Bojongsari, Kecamatan Alian, Kabupaten Kebumen. Wisata satu ini sangat cocok untuk mengisi kegiatan libur anda. Apalagi saat liburan panjang, karena memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Tempat ini menawarkan berbagai macam wahana, mulai dari kolam renang utamanya berbentuk empat sudut melengkung, gym, sauna, aerobic, tempat bermain anak, cafe dan ada pula sebuah minimarket. Harga tiket masuk Rp 9000 untuk usia 3 tahun ke atas.

8. Pantai Bopong

Pantai Bopong adalah salah satu keindahan dari Kebumen yang bisa dijadikan alternatif bagi wisatawan yang mengunjungi Kebumen. Satu kata yang pasti terlihat di kawasan ini adalah keindahan pantainya yang biru membiru dengan hamparan pasir yang mempesona. Tidak hanya pantai, di sisi timur Pantai Bopong terdapat aliran sungai yang di sebut laguna.

Kawasan Pantai Bopong berada di bukit-bukit kecil yang terhampar luas. Banyak pengunjung yang mencoba mendaki bukit ini, untuk menikmati keindahan Pantai dan laguna yang menakjubkan apabila dilihat dari atas bukit. Harga tiket masuknya sebesar Rp 5000 saja per orang.

9. Bukit Pentulu Indah

Bukit Petulu Indah adalah salah satu objek wisata baru yang berada di Karangsambung, Kebumen. Bukit yang tidak terlalu tinggi namun sangat menawan untuk melihat indahnya dua Gunung Sindoro Sumbing. Banyak wisatawan yang datang ke tempat ini pada pagi hari agar dapat menikmati pemandangan sunrise dari atas bukit.

Di sini anda juga bisa menemukan fasilitas out bond, seperti flying fox, hamog, dan berbagai spot foto menarik. Tempat ini juga sering dijadikan sebagai tempat camping karena selain pesona alamnya, Petulu Indah memiliki area cukup luas. Untuk harga tiketnya anda hanya cukup membayar Rp 5000 per orang.

10. Hutan Mangrove Logending
Sumber: @mita_owl

Hutan Mangrove Logending terletak di Pantai Ayah dengan mangrove tumbuh rimbun nan hijau dan udaranya yang segar, komplet dengan ekosistemya yang beragam. Pada saat liburan, wisata ini banyak dikunjungi wisatawan lokal dari masyarakat di sekitar kabupaten Kebumen. Ekosistem mangrove memang menjadi produk wisata yang menarik karena menawarkan keindahan alam.

Selain itu beberapa fasilitas yang ada diantaranya adalah gazebo dan jogging track. Setiap pengunjung juga diharapkan bakal mendapatkan edukasi seputar pelestarian hutan mangrove.

11. Pantai Surumanis
Sumber: @jatengeksis

Pantai Surumanis sangat cocok bagi anda yang sedang mencari tempat wisata menarik dan tidak monoton karena lokasinya berdekatan dengan objek wisata lainnya. Pantai ini berada di perbukitan yang menampilkan pemandangan tebing-tebing hijau, serasa anda sedang liburan di Tanah Lot, Bali. Di sini juga terdapat spot foto rumah pohon dengan latar belakang birunya laut membuat siapa saja tertarik mengabadikan dalam kamera.

Berlibur ke Pantai Surumanis akan menjadi paket yang komplet, karena di sini kamu juga bisa mengunjungi wisata lain seperti Pantai Menganti, Pantai Pecaron dan Pantai Karang Pengantin. Harga tiket masuknya sebesar Rp 5000 per orang.

12. Pantai Laguna Lembupurwo

Pantai Laguna Lembupurwo memiliki keunikan sendiri bila dibandingkan dengan pantai lain yang ada di Kabupaten Kebumen. Selain tergolong objek wisata pantai laut selatan baru, pantai tersebut memang sengaja dibuat oleh masyarakat. Melihat kondisi muara sungai Wawar cukup memprihatinkan, penduduk setempat mengambil alternatif dan memutuskan melakukan pembuatan sebuah kanal agar arus sungai yang mengalir mampu dipindahkan.

Di sini wisatawan dapat menyeberangi menggunakan jembatan bambu, sembari melihat-lihat tanaman mangrove tumbuh subur di sepanjang laguna. Tidak ada biaya khusus untuk memasuki kawasan wisata, kecuali biaya parkir kendaraan sebesar Rp 3000.

13. Goa Petruk

Selain Goa Jatijajar, Kebumen juga memiliki goa terkenal lainnya yang keindahannya sudah tersebar di berbagai penjuru Indonesia, yaitu Goa Petruk. Goa Petruk memiliki tiga bagian dengan keindahan alamnya masing-masing. Banyak wisatawan asing yang datang untuk melihat indahnya Goa Petruk, karena keindahan alam seperti ini jarang dijumpai di luar negeri.

Berdasarkan catatan yang ada, terdapat seorang Doktor Koo, pakar gua dari luar negeri, mengatakan bahwa Goa Petruk merupakan gua terindah di nusantara. Untuk memasuki wisata, anda akan dikenakan biaya retribusi sebesar Rp 7500.

14. Pantai Lampon

Harga tiket masuk Pantai Lampon terbilang sangat murah, hanya dengan mengeluarkan 5 ribu rupiah per orangnya kamu bisa menikmati banyak fasilitas yang diberikan, serta merasakan keindahan alam yang disuguhkan pantai ini. Meski tempat pantai ini bisa dibilang tersembunyi tetap saja memiliki pesona yang membuat banyak pengunjung tetap datang.

Letaknya yang tertutup oleh bukit dan hiruk pikuk aktivitas nelayan membuat pantai ini masih sangat alami. Pantai ini memiliki garis pantai hanya 100 meter saja, sehingga lebih mirip pantai pribadi ketimbang pantai pada umumnya. Beberapa fasilitas yang bisa kamu nikmati di sini misalnya out bond yang cukup seru seperti flying fox.

15. Jembangan Wisata Alam
Sumber: @ayodolan

Jembangan Wisata Alam merupakan wisata dengan panorama telaga hijau dan hutan asri yang mengelilinginya. Berlokasi di Desa Jembangan, Kecamatan Poncowarno Kebumen, kawasan wisata ini sangat cocok untuk mengisi kegiatan libur anda. Selain memiliki keindahan dan udara segar khas pegunungan, fasilitas yang ditawarkan juga sangat lengkap mulai dari area parkir kendaraan, kolam memancing, wahana bermain anak, tempat beristirahat, kamar mandi, mushola dan lain sebagainya. Untuk memasuki kawasan wisata, pengunjung harus membeli karcis masuk sebesar Rp 3000 per orang.

Itulah 15 objek wisata di Kebumen yang menarik dan direkomendasikan untuk dikunjungi saat anda berada atau memutuskan untuk berlibur di Kebumen. Semoga artikel ini bermanfaat.

12 Tempat Wisata Populer di Purwakarta Terbaru yang Wajib Dikunjungi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *