10 Tempat Wisata di Magelang Paling Keren dan Instagramable

Tempat Wisata di Magelang – Magelang adalah salah satu kabupaten di Jawa Tengah dengan ibukotanya Kota Mungkid. Magelang juga dikenal dengan Kota Sejuta Bunga karena pesona alamnya yang sangat indah. Bentang dan kekayaan alamnya dengan pemandangan yang mempesona akan banyak kamu lihat ketika berlibur ke kota satu ini. Kabupaten ini memiliki sejuta pesona dan panorama alam yang menakjubkan dan masih banyak yang tersembunyi.

Berbatasan dengan Jogja, setiap tahunnya Magelang terus berbenah memperbaiki setiap tempat potensi wisata. Berbagai tempat wisata di kabupaten ini sangat memanjakan mata sehingga wajib kalian explore jika ingin berlibur atau sedang berada di Magelang.

Kota ini memang tak sebesar Kota Surakarta, akan tetapi objek wisata di kabupaten satu ini tak kalah dari wilayah-wilayah lain disekitarnya. Penasaran dengan berbagai macam objek wisata di Magelang? Artikel ini akan membahas 10 tempat wisata di Magelang terbaik yang wajib kamu kunjungi versi Jalan Travel.

Wisata Dunia

Tempat Wisata Di Magelang Yang Wajib Dikunjungi

Jika sedang berada di Magelang jangan lupa mengunjungi tempat-tempat wisata terbaik di kota bunga ini. Inilah beberapa destinasi wisata Magelang yang harus kamu datangi:

1. Gardu Pandang Silancur

Sumber: @jogjajateng

Dikenal dengan nama lain Silancur Highland adalah salah satu tempat wisata selfie yang belokasi sangat strategis yaitu berada di kaki gunung membuat suasana sangat sejuk. Tempat satu ini wajib kamu kunjungi  karena memiliki background lanskap pegunungan ditambah dengan suasana yang asri membuat jiwa terasa damai.

Selain udara yang sangat sejuk kawasan ini juga menawarkan pemandangan indah plus bunga-bunga yang tumbuh membuat mata segar seketika. Tak hanya itu di sini juga mempunyai spot foto yang sangat menarik, seperti spot foto taman bunga yang berlatar belakang Gunung Sumbing membuat hasil foto menjadi lebih keren.

Lokasi: Dusun Dadapan, Desa Mangli, Kec. Kaliangkrik, Kabupaten Magelang 56153

Buka: 24 jam

Tiket Masuk: Rp 5.000/orang

Telepon:

2. Omah Pring Magelang

Sumber: @mastith

Omah Pring bisa dikatakan sebagai objek wisata baru di Kabupaten Magelang. Omah Pring artinya rumah yang terbuat dari bambu. Sesuai dengan namanya, rumah-rumah disana semuanya dibangun menggunakan material bambu. Walaupun baru, objek wisata satu ini mampu menarik banyak wisatawan setiap harinya.

Destinasi wisata ini dibangun di tepi Kali Progo dan banyak aktivitas yang bisa kamu coba di sini salah satunya River Tubing. Bukan Sembarang Rafting, Rafting di sini menggunakan bambu sangat cocok untuk kamu yang punya jiwa petualang. Kamu juga bisa melakukan aktivitas lain seperti belajar membatik, bermain seruling serta menyantap berbagai macam kuliner.

Lokasi: Jl. Borobudur-Sendangsono Km. 3, Desa Wisata, Margonodadi, Candirejo, Kec. Borobudur, Magelang 56553

Buka: 08.00 – 16.00 WIB

Tiket Masuk: Rp 10.000/orang

Telepon: 0822-4283-9520

3. Taman Kyai Langgeng

Taman Kyai Langgeng merupakan salah satu objek wisata terpopuler di Magelang. Taman ini sudah berdiri sejak tahun 1987 dan memiliki luas kurang lebih sekitar 27 hektare. Kawasan ini memiliki banyak spot foto yang keren dan indah, tak heran banyak muda-mudi yang betah berlama-lama berada di kawasan wisata.

Taman ini memiliki keunikan tersendiri berupa pohon langka dan setengah langka yang tersebar di seluruh wilayah taman. Kamu juga bisa menikmati berbagai macam wahana menghibur lainnya seperti Roller Coaster, Ferris Wheel, sepeda udara, Komedi putar dan masih banyak lagi.

Lokasi: Jl. Cemp. No. 6, Kemirirejo, Kec. Magelang Tengah, Magelang 56122

Buka: 08.00 – 14.00 WIB

Tiket Masuk: Rp 24.000/orang

Telepon: (0293) 3192642

4. Gunung Andong

Gunung Andong merupakan salah satu dari beberapa gunung di Jawa Barat yang memberikan lanskap alam yang sangat mempesona. Berada di ketinggian sekitar 1726 mdpl sangat cocok menikmati pemandangan Kota Magelang dari atas ketinggian. Memiliki trek pendakian yang relatif mudah di tempuh sehingga sangat pas bagi mereka yang pertama kali mendaki atau pendaki pemula.

Puncak Gunung Andong juga sering digunakan sebagai tempat berkemah. Dengan berkemah pengunjung punya banyak waktu untuk melakukan eksplorasi di puncak gunung. Banyak pariwisata yang berkunjung ke destinasi wisata satu ini apalagi pas waktu liburan ataupun akhir pekan. Wisata ini juga berdekatan dengan objek wisata lain yaitu Gardu Pandang Silancur.

Lokasi: Pagergunung, Ngablak, Magelang, Jawa Tengah 56194

Buka: 24 jam

Tiket Masuk: Rp 5.000/orang

Telepon: 0858-4886-5246

5. Candi Borobudur

Siapa yang tidak kenal Candi Borobudur. Candi yang pernah masuk tujuh keajaiban dunia ini merupakan candi Budha terbesar di dunia dan menjadi salah satu objek wisata favorit di Indonesia. Kombinasi banyaknya relief (ukiran dinding) dan stupa mengandung makna yang sangat dalam. Destinasi wisata ini sangat banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun luar negeri di setiap harinya.

Banyak sekali hal yang bisa kamu lakukan di sini mulai dari mempelajari seni sastra dan budaya, hunting foto, berburu suvenir, sampai jalan santai mengelilingi komplek candi. Bagi kamu yang ingin bermalam juga terdapat penginapan berupa vila yang berada dekat dengan objek wisata.

Lokasi: Jl. Badrawati, Kw. Candi Borobudur, Kec. Borobudur, Magelang

Buka: 06.00 – 17.00 WIB

Tiket Masuk: Dewasa Rp 40.000/orang & Anak-anak Rp 20.000/orang

Telepon: (0274) 496402

12 Tempat Wisata Pantai di Jogja Kekinian dan Paling Keren

6. Punthuk Setumbu

Berada di perbukitan menoreh Punthuk Situmbu menjadi destinasi wisata andalan Kota Magelang. Mempunyai udara sejuk nan teduh serta pemandangan yang menawan, tak heran kawasan ini pernah dijadikan sebagai tempat syuting film AADC. Jika dilihat lebih dalam pesonanya mirip dengan pemandangan yang ada di Myanmar.

Panorama yang disuguhkan memang bukan apa yang terdapat di atas bukit tersebut melainkan apa yang bisa dilihat dari atas Punthuk Setumbu. Jaraknya juga tidak jauh dari Candi Borobudur sekitar 4 kilometer. Berada di atas ketinggian menjadi lokasi yang ideal untuk melihat keindahan panorama candi terbesar di dunia tersebut. Punthuk Setumbu merupakan spot terbaik menikmati sunrise dari atas bukit.

Lokasi: Jl. Borobudur Ngadiharjo KM. 3, Desa Karangrejo, Kec. Borobudur, Magelang 56553

Buka: Senin – Jumat 04.00 – 17.00 WIB & Sabtu – Minggu 24 jam

Tiket Masuk: Rp 15.000 – Rp 30.000/orang

Telepon: 0812-8281-901

7. Air Terjun Kedung Kayang

Sumber: @jatengeksis

Air Terjun Kedung Kayang salah satu curug yang masih cukup asri. Air Terjun yang berada di antara Gunung Merapi dan Merbabu ini sangat tepat kamu kunjungi yang sedang mencari suasana tenang ditambah keasrian alam karena belum banyak dikunjungi. Hawa sejuk sangat terasa ketika sampai di hadapan air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 40 meter.

Panorama air terjun begitu mengagumkan, alirannya yang deras bagaikan tirai putih raksasa. Ada dua cara menikmati keindahan curug satu ini, pertama datang langsung ke tempat lokasi dan nikmati kesegaran airnya. Kedua menuju spot gardu pandang dan menyaksikannya dari atas ketinggian.

Lokasi: Jl. Ketep Pass, Desa Wonolelo, Kec. Sawangan, Magelang, Jawa Tengah 57363

Buka: 24 jam

Tiket Masuk: Rp 6.000/orang

Telepon: –

8. Ketep Pass Magelang

Ketep Pass berada di area Bukit Sawangan yang memiliki ketinggian 1200 mdpl. Di Kawasan ini kamu dapat menyaksikan pemandangan alam nan indah. Udara segar khas pegunungan serta hijaunya pepohonan, membuat Ketep Pass sejak dahulu sudah dijadikan destinasi wisata oleh masyarakat Magelang dan sekitarnya.

Ketep Pass memiliki daya tarik tersendiri, karena di sini pengunjung dapat melihat pemandangan yang menawan dengan latar belakang lima gunung yang berdiri tegak di empat penjuru mata angin. Tempat ini juga dikelilingi oleh beberapa objek wisata lain seperti Kebun Buah Stroberi Banyuroto, Top Selfie Pinusan Kragilan, dan Curug Kedung Kayang.

Lokasi: Jl. Ketep, Desa Ketep, Kec. Sawangan, Magelang, Jawa Tengah 56481

Buka: 06.00 – 17.00 WIB

Tiket Masuk: Rp 10.000 – Rp 15.000/orang

Telepon: (0293) 5527930

9. Gunung Telomoyo

Gunung Telomoyo adalah gunung yang terletak di wilayah Kabupaten Semarang dan Kabupaten Magelang. Menawarkan keindahan yang sangat memukau serta kondisi alam masih sangat alami menjadikan tempat ini sangat cocok untuk tempat menenangkan pikiran setelah melakukan aktivitas rutin.

Selain itu Puncak Telomoyo menyediakan tempat berfoto ria berupa landasan paralayang yang akan memberikan sensasi tersendiri. Bagi kamu yang ingin menginap terdapat lahan luas untuk keperluan Camping Ground. Panorama wisata yang paling populer di Puncak Gunung Telomoyo ini iyalah spot sunrisenya yang begitu indah.

Lokasi: Karangbawang, Nogosaren, Ngablak, Magelang, Jawa Tengah 56194

Buka: 06.00 – 17.00 WIB

Tiket Masuk: Rp 10.000/orang

Telepon:

10. Punthuk Kendil

Sumber: @jogjajateng

Punthuk Kendil beralamat di Desa Giritengah, Kecamatan Borobudur, Magelang. Tempat wisata satu ini bisa menjadi alternatif akhir pekan. Akses menuju lokasi terbilang mudah dan petunjuk lokasi mudah ditemukan. Akses keluar masuk wisata masih dalam satu jalur, jadi akan terkesan sempit dan padat jika ramai pengunjung.

Sesampai di sana kamu akan ditemani semilir angin yang fresh serta spot foto yang lumayan. Terdapat beberapa gazebo yang disediakan pengelola, spot gardu pandang menjadi favorit para wisatawan yang ingin mengabadikan keindahan Kota Magelang dari atas ketinggian.Terdapat juga lahan kosong yang di khususkan untuk berkemah beserta fasilitasnya.

Lokasi: Kamal, Giritengah, Kec. Borobudur, Magelang, Jawa Tengah 56553

Buka: 24 jam

Tiket Masuk: Rp 5.000/orang

Telepon:

Bagaimana? Menarik dan seru bukan destinasi wisata di Magelang. Adakah dari daftar list di atas menjadi favorit wisata kamu. Dan rasanya untuk menjelajahi semua wisata di kota sejuta bunga ini tak cukup hanya dengan sehari saja. Yuk buat rencana untuk liburan di Magelang. Semoga artikel ini bermanfaat.

10 Tempat Wisata di Batam Paling Populer dan Wajib Dikunjungi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *