12 Tempat Wisata di Kulon Progo Terbaru dan Wajib Dikunjungi 2022

Tempat Wisata di Kulon Progo – Tahukah anda tentang keindahan dan keunikan Kulon Progo? Letak Kulon Progo yang terbilang cukup strategis dari pusat Kota Yogyakarta, membuat kota ini turut tersorot hingar bingarnya dunia perkotaan. Memiliki luas sekitar 586 kilometer, Kulon Progo menjadi satu dari banyaknya daerah di Yogyakarta yang kaya akan objek wisata. Mulai dari wisata alam sampai dengan wisata buatan bisa anda temukan di sini.

Ada banyak hal yang bisa anda lakukan di salah satu kabupaten yang berada di Yogyakarta ini. Penasaran dengan eksotisme tempat wisata di Kulon Progo, simak ulasan artikel ini sampai tuntas. Inilah 12 tempat wisata di Kulon Progo terbaru dan wajib dikunjungi versi JalanTravel.

1. Wisata Alam Kalibiru

Kalibiru merupakan salah satu hutan yang ada di Kulon Progo yang di olah menjadi wisata alam. Berada di ketinggian 450 mdpl dengan perbukitan yang subur anda akan menemukan indahnya pemandangan dari atas pegunungan.

Anda di sini bisa melakukan berbagai macam aktivitas seperti flying fox, high rope, tracking dan menikmati sunset yang sangat memanjakan mata. Terdapat juga penginapan bagi kamu yang ingin bermalam, karena terdapat homestay di dalam wilayah wisatanya.

Lokasi: Jalan Waduk Sermo, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta 55653

Tiket Masuk: Rp 5.000/orang

Buka Tutup: 07.00 – 17.00 WIB

Telepon: 0813-9294-7249

2. Bukit Isis Kulon Progo

Bukit yang berada di Nglinggo, Pagerharjo, Samiguluh, menyuguhkan lanskap alam yang mempesona. Jika kamu menghabiskan waktu akhir pekan jangan lewatkan salah satu tempat terbaik di Malioboro ini. Dari atas sini anda bisa menikmati gagahnya pemandangan pegunungan serta sejuknya semilir angin yang menyentuh kalbu. Tempat ini juga menawarkan beberapa spot foto seperti rumah pohon, tebing dan bebagai fasilitas lain seperti toilet dan area parkir.

Lokasi: Nglinggo Barat, Pagerharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 54183

Tiket Masuk: Rp 3.000/orang

Buka Tutup: 06.00 – 17.30 WIB

Telepon: –

3. Waduk Sermo

Waduk Sermo merupakan sebuah bendungan buatan yang berlokasi di Sermo Kulon Progo, Yogyakarta dan diresmikan langsung oleh Presiden Soeharto pada tahun 1996 lalu. Terletak diantara dua bukit banyak wisatawan datang untuk menikmati suasana tenang yang ada disekitar waduk.

Waduk ini juga memeliki beberapa gazebo seperti rumah panggung, rumah jamur dan jalan melingkar mengelilingi waduk. Bagi yang ingin menginap terdapat penginapan berupa vila.

Lokasi: Dusun Sermo Lor, Kokap, Hargowilis, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55653

Tiket Masuk: Rp 2.000/orang

Buka Tutup: 08.00 – 17.00 WIB

Telepon: 0274-773-908

4. Air Terjun Grojongan Sewu
Sumber: @jogjajateng

Pesona air terjun memang sangat indah, dapat melepas penat dan juga menyegarkan pikiran dengan dinginnya air yang dihasilkan. Di Kulon Progo terdapat salah satu air terjun yang wajib kamu datangi, yaitu Air Terjun Grojongan Sewu.

Rimbunan pohon dengan keadaannya cukup sejuk serta suara air yang jatuh membuat kamu enggan beranjak dari sini. Beberapa tempat duduk dan gazebo dibangun sederhana menjadi tempat istirahat sambil menikmati nuansa alam sekitar.

Lokasi: Jalan Raya Tawangmangu, Beji, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karangayar, Jawa Tengah 57792

Tiket Masuk: Rp 17.000/orang

Buka Tutup: 07.00 – 17.00 WIB

Telepon: 0271-697-051

5. Pantai Glagah

Pantai ini cukup unik dengan hamparan pemecah ombak disepanjang pinggiran pantai. Bentangan pasir besi, laguna yang terlihat seperti danau, dermaga hingga perkebunan buah naga menjadi daya tarik tersendiri dari Pantai Glagah ini.

Untuk pengalaman yang lebih seru kamu bisa menyusuri pantai dengan menyewa ATV atau motorcross dengan ditemani angin sepoi-sepoi akan membuat kamu tetap nyaman berkeliling meski terkena paparan terik matahari.

Lokasi: Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta

Tiket Masuk: Rp 4.000/orang

Buka Tutup: 24 jam

Telepon:

10 Tempat Wisata di Semarang Terbaik dan Terhits Untuk Dikunjungi

6. Ayunan Langit Pule Payung

Objek wisata selanjutnya di Kolon Progo yang wajib kamu datangi adalah Ayunan Langit Pule Payung. Terletak di dataran tinggi menawarkan panorama alam yang cantik berupa hamparan perbukitan Bukit Menoreh dan Kalibiru.

Bagi yang berburu spot foto instagramable objek wisata sangat direkomendsikan untuk dikunjungi. Karena memiliki spot foto menarik seperti jembatan surga, kursi langit, spot lolipop, sky bike, sky swing dan masih banyak lagi.

Lokasi: Soropati, RT.007/RW.003, Clapar 2, Hargotirto, Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55653

Tiket Masuk: Rp 5.000 – Rp 10.000/orang

Buka Tutup: 08.00 – 16.00 WIB

Telepon: 0823-2357-8179

7. Tebing Gunung Gajah

Tebing Gunung Gajah berada di ketinggian 900 mdpl dengan luas sekitar dua hektare. Meskipun tergolong objek wisata baru, tapi tempat ini sangat ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Memiliki hawa sejuk khas pegunungan serta beberapa wahana yang dapat di eksplor menjadi daya tarik tersendiri untuk dikunjungi. Selain itu fasilitasnya juga cukup memadai dengan lahan parkir yang luas, kafetaria, akses wifi gratis, jasa foto, tempat ibadah dan toilet.

Lokasi: D.I.Y, Jl. Sermo-Girimulyo, Katerban, Donorejo, Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta 55653

Tiket Masuk: Rp 5.000/orang

Buka Tutup: 09.00 – 17.00 WIB

Telepon:

8. Gunung Ijo Kulon Progo
Sumber: @faizal_fajr

Gunung Ijo berlokasi di perbatasan Kulon Progo dengan Purworejo, merupakan salah satu objek wisata yang paling tepat untuk menikmati kawasan Kulon Progo dari atas ketinggian. Jika cuaca sedang mendukung anda bisa melihat beberapa gunung seperti Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sumbing hingga objek wisata Waduk Sermo. Di sini anda juga menemukan beberapa lokasi yang cocok dijadikan sebagai spot untuk berfoto.

Lokasi: Desa Durensari, Kecamatan Bagelen, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah

Tiket Masuk: Rp 3.000/orang

Buka Tutup: 24 jam

Telepon: –

9. Pantai Pasir Kadilangu
Sumber: @wisata_oke

Pantai Pasir Kadilangu beralamat di Desa Jangkaran dan menjadi spot foto wisata terbaru di Kulon Progo. Anda akan dimanjakan dengan hijaunya hamparan hutan mangrove dan spot-spot foto unik yang terbuat dari material bambu.

Di sini pengunjung juga bisa berjalan-jalan santai mengelilingi hutan mangrove dengan jalan yang terbuat dari kayu. Tips terbaik untuk mengunjungi objek wisata satu ini pada pagi atau sore hari. Udara yang sejuk disekitar pantai dapat membuat tubuh menjadi rileks.

Lokasi: Jangkaran, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55654

Tiket Masuk: Rp 3.000/orang

Buka Tutup: 06.00 – 18.00 WIB

Telepon: –

10. Puncak Widosari

Berada di ketinggian 1.017 mdpl dengan dikelilingi pepohonan yang rimbun membuat Puncak Widosari menjadi objek wisata yang berhawa sejuk dan tenang. Memiliki ciri khas unik tersendiri berupa bongkahan batu besar tunggal berada di puncak, menjadi daya tarik tersendiri yang membuat pemandangan alam semakin menawan. Destinasi wisata yang di buka sejak tahun 2012 ini, memiliki gardu pandang dan gazebo sebagai kebutuhan penting untuk spot foto.

Lokasi: Tritis, Ngargosari, Tegalsari, Ngargosari, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55673

Tiket Masuk: Rp 3.000/orang

Buka Tutup: 06.00 – 18.00 WIB

Telepon:

11. Air Terjun Kedung Pedut

Jika anda berkunjung ke Desa Jatimulyo jangan lupa untuk singgah di Curug Kedung Pedut yang menawarkan daya tarik utama yaitu air terjun dua warna. Kedung Pedut memiliki arti genangan air yang cukup dalam. Terdapat lima kedung dengan kedalamannya yang berbeda-beda, ada yang 2, 3 bahkan sampai 5 meter. Memiliki warna biru tosca dan putih jernih serta air yang segar membuat kamu betah berlama-lama berenang dalam kedung. Selain berenang anda juga dapat menikmati keindahan alam yang luar biasa.

Lokasi: Banyunganti, Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55674

Tiket Masuk: Rp 3.000/orang

Buka Tutup: 07.00 – 17.00 WIB

Telepon:

12. Taman Sungai Mudal

Destinasi wisata Taman Sungai Mudal ini berupa kolam pemandian yang airnya sangat jernih dan menyegarkan. Kolam alami yang aliran airnya meluap membentuk aliran sungai sangat pas untuk anda yang suka berendam atau hanya sekedar untuk bermain air.

Bagi kamu yang berniat mengunjungi Taman Sungai Mudal ini kami rekomendasikan saat musim hujan karena debet airnya bertambah dan tidak keruh. Meski tempat ini masih di kelola oleh warga sekitar tapi fasilitasnya cukup lengkap mulai dari mushola, kamar mandi, gazebo, wifi, flying fox dan lain-lain.

Lokasi: Banyunganti, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55674

Tiket Masuk: Rp 4.000/orang

Buka Tutup: 08.00 – 17.00 WIB

Telepon:

Bagaimana? Tertarik berkunjung ke tempat wisata di Kulon Progo? Yuk buruan liburan di salah satu kabupaten yang berada di Yogyakarta ini. Di manapun anda memilih tempat liburan utamakan keselamatan anda ya. Semoga artikel ini bermanfaat.

10 Tempat Wisata di Magelang Paling Keren dan Instagramable

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *