12 Tempat Wisata Terkenal dan Seru di Banda Aceh

Sumber: @vceh.co

Tempat Wisata di Banda Aceh – Kota Banda Aceh adalah salah satu kota yang berada di Aceh dan menjadi ibukota Provinsi Aceh. Sebagai pusat pemerintahan Banda Aceh menjadi pusat kegiatan ekonomi, politik, sosial dan budaya. Kota yang terkenal dengan nama Serambi Mekkah ini adalah tempat penyebaran agama islam pertama di Nusantara. Kota Banda Aceh juga merupakan kota islam yang paling tua di asia tenggara.

Namun dibalik itu semua kota syariah ini menyimpan banyak sekali keindahan alam dan tempat wisata yang harus dikunjungi jika menginjakan kaki di Banda Aceh. Dikenal dengan nama lain Negeri Tanah Rencong, saat berwisata ke sini anda akan merakan suasana sensasi berlibur yang berbeda dan menyenangkan. Untuk itu inilah rekomendasi 12 tempat wisata di Banda Aceh versi JalanTravel.

1. Museum Tsunami Aceh

Sumber: @risaarp

Setelah musibah tsunami yang pernah melanda Aceh maka lahirlah Museum Tsunami yang dibangun untuk mengenang kejadian maha dahsyat itu. Dirancang oleh arsitek asal Bandung bernama Ridwan Kamil yang menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat saat ini.

Desain dan konsep museum ini sangat menarik dan mengandung nilai sejarah yang tinggi. Pada pintu masuk pengunjung harus melalui lorong sempit dan gelap yang diapit oleh dinding air nan tinggi. Hal ini bermaksud sebagai representasi kejadian tsunami yang mengerikan.

2. Pantai Lampuuk

Tempat wisata alam di Banda Aceh yang terkenal dan populer hingga keluar Aceh yaitu Pantai Lampuuk. Lokasi pantai yang terletak di Lhoknga memiliki hamparan pasir putih bersih yang indah. Air lautnya sangat jernih yang berwarna biru kehijauan. Bagi anda yang ingin membawa keluarga atau pasangan ada fasilitas banana boat yang bisa anda sewa untuk menjelajah area tepi laut dari atas permukaan.

Pantai Lampuuk juga terkenal untuk wisatawan yang ingin mencoba ombaknya alias surfing. Karena pantai ini terkenal dengan ombaknya yang sangat bersahabat dengan peselancar. Menikmati terik matahari di pantai berpasir putih, melihat sunset di sore hari, dan berselancar di ombak laut biru tidak hanya bisa dinikmati di Bali. Aceh punya Pantai Lampuuk yang memiliki semua kelebihan itu.

3. Gunongan Putroe Phang

Gunongan merupakan bangunan bersejarah dari zaman raja-raja Aceh dahulu. Tempat yang berupa Taman Kerajaan Aceh ini didirikan oleh Sultan Iskandar Muda untuk menyenangkan hati permaisurinya Putroe Phang yang berasal dari Kerajaan Pahang Malaysia.

Taman ini dibangun karena sultan sangat menyukai Putri Pahang dan agar permaisuri tidak kesepian bila ditinggal sultan menjalankan pemerintahan. Tak heran jika wisatawan asal Malaysia pun menyempatkan mengunjungi taman ini jika berada di wilayah Aceh.

4. Masjid Raya Baiturrahman

Sumber: @tagaceh

Salah satu tempat wisata di Banda Aceh bernuansa religi yakni Mesjid Raya Baiturraman. Tempat yang terletak di pusat Kota Banda Aceh ini menjadi simbol agama, budaya, semangat, kekuatan, perjuangan dan nasionalisme rakyat Aceh.Masjid Raya Baiturrahman masih tetap kokoh saat dilanda Tsunami Aceh tahun 2004 lalu, hanya saja bagian menara depan sempat miring dan diperbaiki kembali.

Hingga kini Masjid Raya Baiturrahman semakin indah dan ramai dikunjungi oleh wisatawan. Oleh karena itu, masjid ini kerap kali dijadikan objek wisata utama turis domestik dan internasional.

5. Museum Negeri Aceh

Sumber: @acehraya

Tak jauh dari Museum Tsunami, ada museum lain yang wajib dikunjungi oleh wisatawan karena mengandung nilai sejarah dan budaya khas Aceh yaitu Museum Negeri Aceh. Tempatnya berlokasi di Jln. Sultan Mahmudsyah No.10, Peuniti, Baiturrahman, Kota Banda Aceh.

Museum ini menyimpan koleksi yang terbagi menjadi 3 klasifikasi yaitu koleksi organik, anorganik dan campuran yang kemudian terbagi lagi menjadi 10 disiplin ilmu. Koleksi tertua dari museum ini adalah lonceng berusia 1400 tahun.

10 Tempat Wisata Alam di Bandung Terbaik dan Paling Hits

6. Kapal PLTD Apung

Kapal PLTD Apung menjadi saksi bisu kedasyatan bencana tsunami 2004 silam. Terletak di daerah Punge Blang Cut, Jaya Baru, Kota Banda Aceh ini memiliki panjang 63 meter dengan bobot 2600 ton. Kapal ini merupakan kapal pembangkit listrik yang digunakan dulu sebelum kejadian tsunami.

Namun pada saat tsunami terjadi kapal ini bergeser sekitar 5 kilometer dari tempat asalnya. Disekitar monumen, terdapat relik yang menyerupai gelombang dan pengunjung dapat naik keatas kapal untuk melihat serangkain pegunungan bukit barisan yang mempesona.

7. Pantai Lhoknga

Pantai Lhoknga surganya pecinta surfing di Aceh begitulah ungkapan dari mereka yang pernah kesana. Ketika sampai di lokasi kamu akan langsung disambut oleh hamparan pasir putih dan laut bersih berwarna kebiru-biruan. Pantai dengan jarak kurang lebih 20 kilometer dari pusat Kota Banda Aceh ini juga menjadi spot yang bagus untuk menikmati matahari terbenam.

Di sekitar pantai juga terdapat beberapa perbukitan hijau, sehingga akan membuat anda semakin betah untuk berlama-lama disana. Jadi jangan lupa untuk mencatatkan Pantai Lhoknga di list tempat wisata di Banda Aceh yang harus anda kunjungi.

8. Wahana Impian Malaka

Sumber: @mauliidarr

Wahana Impian Malaka adalah tempat wisata bertemakan permainan air terbesar di kabupaten Aceh Besar. Lokasinya yang berada di perbukitan membuat tempat ini memiliki konsep wisata alam sekaligus buatan. Keindahan alam dan kesejukan udaranya akan menemani anda selama beraktivitas.

Berbagai aktivitas bisa anda lakukan di puluhan wahana yang tersedia seperti wahana kolam anak dan dewasa, water slider terpanjang, terapi ikan, kuliner dan masih banyak lagi. Untuk anda yang ingin mengunjungi tempat ini, water park dibuka setiap hari dari pagi hingga sore kecuali hari jumat Wahana Impian Malaka dibuka pukul 14:00 WIB.

9. Puncak Gunung Geurutee

Puncak Gunung Geurutee yang menghadap Samudra Hindia ini terletak di Aceh Jaya. Dari tempat ini wisatawan bisa langsung melihat hamparan laut luas yang membiru, serta gugusan pulau-pulau kecil yang nampak hijau dari kejauhan.

Berbagai keindahan ini hanya dapat anda nikmati dari atas, pengunjung tidak dapat turun ke bawah atau bermain pasir di pinggir pantai. Biasanya lokasi ini ramai dikunjungi muda-mudi maupun keluarga. Penasaran dengan keindahannya, yuk wisata ke Puncak Gunung Geurutee.

10. Lapangan Blang Padang

Lapangan Blang Padang memiliki luas kurang lebih 8 hektare dan berpusat di tengah Kota Banda Aceh. Sore hari tempat ini dipenuhi oleh pengunjung dan menjadi pusat olahraga sekaligus tempat untuk mencari kuliner dan bersantai di Banda Aceh. Tempat ini juga menyediakan wahana bermain anak seperti ayunan, perosotan, dan rumah pohon.

Di lapangan ini terdapat Monumen Thanks to The World dan monumen replika pesawat RI-001 seulawah. Nah, jika kamu berkunjung ke ibukota Provinsi Aceh itu, maka bersantailah di Lapangan Blang Padang. Nikmati aneka makanan dan minuman sembari menyaksikan pesawat nan bersejarah itu.

11. Pantai Ule Lheue

Kamu dijamin tidak akan pernah bosan berada di Pantai Ule Lheue karena di sana kamu bisa melakukan beragam aktivitas. Pantai ini berlokasi di desa Ule Lheue, kecamatan Meuraksa, Kota Banda Aceh atau berada tepat di sepanjang jalan pelabuhan Ule Lheue yang digunakan sebagai penyebrangan menuju ke Pulau Weh. Pantai ini memiliki ombak yang tenang sangat jarang dijumpai ombak besar dipantai ini, hal ini dikarenakan adanya semacam tanggul dari tumpukan batu yang menjadi pemecah ombak.

Aktivitas yang bisa anda lakukan disini seperti menikmati keindahan pantai, bermain sepeda air, berenang, hunting dan melihat sunset. Sebaiknya datanglah sore hari, karena sore hari pantai ini menawarkan pesona yang semakin indah.

12. Pucoek Krueng Raba

Sumber: @acehjelajah

Nama Pucoek Krueng sendiri diambil berdasarkan letak geografis yang berlokasi di sudut bebukitan yang memeluk pemukiman warga di Lhoknga. Letaknya yang tersembunyi jauh dari hiruk pikuk membuat tempat ini cocok dijadikan pelarian. Sinar Pucok Krueng mulai timbul ke permukaan sejak beberapa tahun terakhir.

Berdinding batu cadas yang mengelilingi telaga, hijaunya pepohonan membuat mata segar memandang, jernihnya air biru tosca, kepak kelelawar yang keluar dari sarang ditingkap ceriwit burung menciptakan harmoni tersendiri. Siapkan kameramu dan abadikan setiap jengkal keindahan paras Nusantara.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di Banda Aceh yang wajib kamu kunjungi saat liburan. Dijamin kamu bakal terpesona dengan keindahan alamnya yang sangat indah. Semoga artikel ini bermanfaat.

10 Tempat Bulan Madu di Bali Paling Terkenal dan Romantis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *