10 Tempat Wisata Alam Indah di Bandung Wajib Didatangi

Tempat Wisata Alam di Bandung – Bandung merupakan kota metropolitan terbesar di Provinsi Jawa Barat, sekaligus menjadi ibu kota provinsi tersebut. Kota ini tercatat memiliki berbagai sejarah penting diantaranya tempat berlangsungnya Konferensi Asia-Afrika 1955, berdirinya sebuah perguruan tinggi ITB, pertemuan menyuarakan semangat anti kolonialisme dan sebagainya. Kota kembang, sebutan lain untuk kota ini juga terpilih sebagai kota paling aman di dunia berdasarkan survei majalah Time.

Bandung disebut juga dengan Parijs Van Java karena keindahan alamnya yang sangat cantik dengan pohon-pohon dan bunga-bunga yang tumbuh di sana. Banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang berkunjung ke Bandung untuk menikmati berbagai wisata alam. Letaknya terbilang cukup dekat dengan Jakarta, membuatnya menjadi tempat favorit warga ibukota.

Penasaran? Simak ulasan tentang tempat-tempat paling hits yang ada di kota kembang berikut. Inilah 10 tempat wisata alam di Bandung wajib dikunjungi dan lagi ngehits versi JalanTravel.

Wisata Dunia

1. Gunung Tangkuban Perahu
Sumber: @yunninurani

Objek Wisata Gunung Tangkuban Perahu merupakan wisata yang sangat populer di Bandung bahkan indonesia. Di sini kamu akan disuguhkan dengan hamparan kebun teh dan rimbunnya pohon pinus yang berada di sekitar. Keberadaan gunung ini menjadi berkah bagi warga di sana, sebab semakin banyak wisata pemandian air panas yang bermunculan yang airnya bersumber dari mata air gunung ini.

Destinasi wisata yang terkenal dengan cerita Legenda Sangkuriang ini memiliki 3 kawah indah nan menawan. Pertama Kawah Upas, Kawah Domas, dan Kawah Ratu yang menjadi kawah paling terkenal. Bagi kamu yang pulang dan ingin membawa buah tangan terdapat penjual souvenir seperti syal, baju, tas, boneka dan lain-lain.

2. Danau Situ Patenggang

Situ Patenggang atau Situ Patengan bisa dikatakan sebagai salah satu wisata terbaik di Bandung Selatan. Tempat ini sangat terkenal dengan kisah romantis Ki Santang dan Dewi Rengganis, yang kisah cintanya abadi dan selalu bersama. Bila berkunjung ke sini anda akan merasakan suasana sejuk khas pegunungan serta pemandangan yang masih asri. Terdapat gardu pandang berupa Kapal Penisi yang sangat hits dikalangan anak muda.

Aktivitas yang bisa dilakukan antara lain menikmati keindahan danau dengan bayang-bayang pegunungan, berkeliling danau menggunakan perahu, jalan santai dan berfoto ria di gazebo yang tersedia. Bila kamu sedang berlibur atau berada di Bandung singgahlah di wisata Situ Patengan ini. Dengan segala suasana yang ditawarkan tentu sulit untuk dilewatkan.

3. Curug Cimahi
Sumber: @chanderaaa

Curug Cimahi terletak di Desa Kertawangi dengan ketinggian sekitar 87 meter, menjadikan air terjun ini sebagai salah satu curug tertinggi di wilayah Bandung. Pemberian nama diambil dari nama sungai yang mengalir di atasnya, yaitu Sungai Cimahi. Air di curug ini memiliki keunikan dimana akan menyala bagai pelangi ketika malam hari sehingga lebih dikenal dengan Curug Pelangi.

Objek wisata ini sudah dikelola dengan baik di bawah Perum Perhutani Bandung Utara, dengan memberikan inovasi lampu-lampu di sekitar air terjun. Ketika pertama kali menginjakkan kaki di sini kesejukan akan menyambut anda bahkan suara monyet pun turut serta memeriahkan. Fasilitas juga cukup memadai terdapat mushola, toilet, lahan parkir dan warung yang dikelola penduduk lokal.

4. Tebing Keraton Bandung

Tebing Keraton mempunyai panorama alam yang sangat eksotis, hamparan hutan nan hijau diselimuti kabut membuat bukit sungguh sangat mengagumkan. Tempat wisata alam ini terletak di salah satu tempat wisata yang cukup terkenal di kota kembang, yakni Taman Hutan Rakyat Djuanda atau mungkin orang lebih mengenal dengan sebutan Tahura Djuanda.

Berada pada ketinggian sekitar 1200 mdpl banyak sekali hal yang bisa anda lakukan di sini. Di temani udara sejuk dan menyegarkan cocok untuk para traveler camping ground, tempat melihat sunrise dan sunset nan indah, asik buat trekking jalan kaki, bersepeda dan masih banyak lagi. Jika ingin berkunjung datanglah saat musim kemarau atau cuaca cerah agar terhindar dari jalanan licin.

5. Sanghyang Heuleut
Sumber: @mhilk235

Sanghyang Heuleut menjadi tempat wisata cukup populer belakangan ini di media sosial, berkat pengunjung yang pernah datang ke sini mengupload foto eksotisnya. Berbentuk kubangan air besar dikelilingi tebing dengan pepohonan di sekitarnya. Tempat yang asyik digunakan untuk bersantai ini juga sangat cocok sebagai tempat melepas penat di tengah alam terbuka. Letaknya yang cukup terpencil, terdapat mitos bahwa lokasi ini dulunya merupakan tempat mandi bidadari.

Di sekitarnya juga terdapat tempat wisata lain yaitu Sanghyang Tikoro dan Sanghyang Poek, tapi Sanghyang Heuleut-lah yang paling memikat wisatawan dari ketiganya. Bagi anda ingin mengunjungi wisata ini berlokasi di Rajamandala Kulon, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat.

12 Tempat Wisata di Banda Aceh Paling Hits yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

6. Kawah Putih Ciwidey
Sumber: @isolstro_96

Kawah putih merupakan sebuah danau yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha. Kawah ini di temukan pertama kali pada tahun 1837 oleh seorang ahli bernama Dr. Franz Wilhelm Junghuhn, lalu dikembangkan oleh pemerintah pada tahun 1987. Kawasan wisata ini memiliki keunikan yakni air danaunya mempunyai warna putih kehijauan yang mampu berubah warna sesuai dengan kondisi alam sekitar.

Kawah Putih Ciwidey berada di kawasan pegunungan yang mempunyai ketinggian sekitar 2.400 mdpl. Tanah yang ada di tempat ini berwarna putih akibat dari pencampuran unsur belerang. Hal yang bisa kamu lakukan disini seperti menenangkan diri di pemandian air panas, berfoto, menikmati pemandangan perkebunan teh dan menikamati kuliner khas Bandung.

7. Perkebunan Teh Rancabali
Sumber: @jabar_pisan

Di bagian selatan Kota Bandung terdapat objek wisata yang beriklim sejuk dan terhampar lanskap alam yang indah yaitu Perkebunan Teh Rancabali. Berada 60 KM dari pusat kota kembang tempat ini selalu ramai pengunjung. Area kebun teh sendiri tidak memiliki jam operasional sehingga kamu bisa berkunjung kapan saja. Namun waktu terbaik untuk menikmati pemandangan di sini adalah pada pagi dan sore hari.

Lokasinya sangat mudah dikunjungi karena berada di samping jalan raya. Jika mengunjungi Perkebunan Teh Rancabali anda juga bisa mengunjungi lokasi tempat wisata lain yang ada di sekitar seperti Situ Patengang, Penangkaran Rusa Rancaupas, Kawah Putih, beberapa wahana permainan anak dan flying fox.

8. The Lodge Maribaya

The Lodge Maribaya merupakan salah satu wisata alam yang cukup hits dikalangan traveller, karena di sini menawarkan view yang sangat luar biasa indahnya. Selain itu juga tersedia wahana yang cukup menantang untuk dijajal bagi kamu yang suka memacu adrenalin. Bagi kamu tertarik berwisata ke destinasi satu ini berlokasi di Jalan Maribaya Timur, Desa Kosambi Cibodas, Kecamatan Lembang, Bandung Barat.

Adapun wahana yang cukup menantang diantaranya Sky Wing, Sky Tree dan juga Zip Bike. Kamu bisa melakukan berbagai aktivitas di sini mulai dari camping, trekking, mengelilingi area hutan pinus yang sejuk nan indah, atau hanya sekedar refreshing menikmati kuliner. Dan jangan lupa mengabadikan aktivitas seru anda dengan kamera ketika berwisata ke The Lodge Maribaya.

9. Gunung Putri

Berlibur ke puncak adalah salah satu cara alternatif untuk menjauh dari hiruk pikuk kehidupan kota, kesibukan kantor dan kemacetan yang menyebalkan. Jika kamu anak Bandung atau sedang berada disekitarnya maka Gunung Putri Lembang bisa menjadi pilihan. Gunung satu ini sangat bersahabat bagi para pendaki, untuk mencapai puncak hanya dibutuhkan waktu 30 menit dengan trek berupa tangga yang tertata rapi.

Di sekitar kawasan gunung masih didominasi hutan pinus sehingga menambah kesejukan suasana alam. Di atas puncak sudah tersedia wahana dan spot untuk bersantai dan juga hunting foto. Gunung Putri bisa dikunjungi setiap hari karena tidak ada batasan waktu kunjungan bahkan wisatawan bisa bermalam dengan berkemah di sini.

10. Agrowisata Kawah Rengganis
Sumber: @riefbagja

Destinasi wisata alam paling hits terakhir yang sedang di incar banyak pelancong terutama yang suka dengan tantangan yaitu Kawah Rengganis. Objek wisata ini terbentuk akibat letusan gunung sunda purba beberapa juta tahun silam. Terbentuk secara alami seperti Kawah Putih Ciwidey hanya saja di kawah putih ada unsur belerangnya yang dapat berubah-ubah. Kawasan ini menawarkan pemandangan pepohonan yang menjulang tinggi ditambah suasana adem.

Tidak hanya disuguhkan pemandangan yang apik, pengunjung juga bisa berendam di air panas yang dilalui oleh arus sungai yang cukup bersih, sehingga aman digunakan untuk berendam. Dan air kawahnya bisa digunakan sebagai sebuah terapi kesehatan, kadar belerangnya mampu menyembuhkan penyakit kulit. Kawah Rengganis terletak di Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Bandung.

Nah, bagaimana? Kamu pasti sudah tidak sabar ingin segera mengunjungi tempat-tempat di atas. Berbagai tempat wisata tersebut tentu akan menambah seru liburan kamu di kota kembang ini. Itulah daftar tempat wisata alam di Bandung yang menarik dikunjungi bersama keluarga atau orang terdekat. Semoga artikel ini bermanfaat.

10 Tempat Wisata Indah dan Terkenal di Medan 2020

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *